Penyebab Kista Folikuler


Kista folikuler adalah salah satu kista fungsional yang terjadi pada saat terjadinya siklus menstruasi. Kista fungsional adalah  kista yang terbentuk secara normal/ fisiologik oleh rahim yang berbentuk jaringan dan berubah fada saat menstruasi normal.

Biasanya kista folikuler terjadi pada saat menstruasi. Penyakit ini terbentuk secara normal atau fisiolegik oleh rahim wanita itu sendiri. Pada saat menstruasi produksi LH (Lutenizing Hormon) biasanya akan naik, namun jika tidak meningkat akan menyebabkan folikel pecah, jadinya telur yang matang dan siap dibuahi akan menumpuk dan terbentuklah kista. Itulah kenapa penyakit ini banyak diderita oleh mereka yang tidak menikah, atau ikut program KB.

Penyebab kista folikuler

Penyebab kista folikuler adalah riwayat kista ovarium. Jika kista sudah membesar nantinya akan mengalami sakit perut, sehingga untuk mengobatinya harus dilakukan operasi pengangkatan. efek samping dari operasi ini adalah kista bisa datang kembali. Selein riwayat terdahulu kista juga bisa disebabkan oleh adanya siklus haid yang tidak teratur, minum pil Kb, stres, kecapean, menstruasi dini, dan komplikasi dari penyakit kanker payudara yang sudah melakukan kemoterapi (tamoxifen) efek samping yang bisa ditimbulkan dari pengobatan kanker dengan cara ini adalah pasien beresiko terkena kista folikuler.

Kista folikuler adalah kista fungsional dan terbentuk selama fase ovulasi akibat terhambatnya fase ovulasi/pecah dan keluarnya sel telur yang sudah matang dari folikel itu sendiri.

Kista ini akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 kali siklus haid. Tapi bisa juga kista ini membesar dan pecah hingga menimbulkan nyeri yang tajam secara tiba-tiba. Gejala ini akan terasa pada fase ovulasi

Gejala kista folikuler
  • Perut mengalami kram secara mendadak.
  • Siklus haid menjadi tidak normal.
  • Sakit diperut bagian bawah.
  • Rasa sakit itu seperti ada bagian tubuh yang menekan karena sel tumor kista folikuler yang sudah berubah menjadi benjolan.
  • Sakit pada bagian panggul setelah melakukan hubungan intim.
  • Nyeri pada vagina disertai munculnya cairan berupa flek bercampur darah melalui vagina.

Pola hidup yang sehat dan asupan nutrisi yang baik bisa mencegah dan menghambat bertumbuhnya sel tumor di folikel rahim. Tapi jika kista folikuler sudah ditahap yang serius sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga bisa melakukan pengobatan secara tradisional.

0 Response to "Penyebab Kista Folikuler"

Posting Komentar