Penjelasan dan Gejala Kista Adenoma

Kista Denoma atau Kista Adenoma Ovari Musinomus merupakan salah satu tumor neuplastik berjenis tumor kistik, bersifat jinak yang kemungkinan berasal dari ceratoma. Kista adenoma umumnya diderita oleh wanita berumur diatas 40 tahun dan terbentuk dari sel-sel jaringan luar ovarium.

Pada masa pubertas penyakit ini hampir tidak pernah ditemukan, itu karena sistem imun tubuh sangat baik menghasilkan antibodi yang berguna untuk menyerang sel jahat pendahulu tumor.

Penyebab Kista adenoma ada empat faktor, yaitu wanita yang tidak pernah hamil bukan karna mandul atau adanya faktor fungsional tubuh, melainkan karena kontrasepsi dan ikut program KB yang tidak benar. Faktor keturunan, Komplikasi dari kanker ovarium, dan pola hidup yang buruk yang mempengaruhi masa haid dan menopause.

Kista adenoma memiliki bentuk yang bulat, avoid dan tidak beraturan dan berwarna putih kebiru-biruan. Kista ini bersifat multiceluller, sehingga ketika benjolannya kita belah akan mengeluarkan cairan kental yang bersifat mucus. Jika benjolan ini tidak segera diangkat maka akan menyebabkan pasien mengalami kematian karena disebabkan oleh faktor 'Ileus'.

Gejala kista adenoma

Gejala dari penyakit ini adalah adanya dorongan tumor, dorongan terjadi jika sel sudah sangat banyak dan membentuk organ lain (daging jadi), tumor ini bentuknya kenyal dan lembut, tumbuh di bagian bawah perut. Sesak nafas akibat terhalangnya rongga udara oleh tumor yang semakin besar dan perut akan terasa berat karena dibagian perut terdapat sel tumor.

Berikut juga ada gejala lain dari kista adenoma :
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada tulang panggul
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Selalu merasa kenyang atau kembung
  • Pencernaan yang tidak lancar
  • Sulit buang air besar

Cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memperbaiki pola hidup, menghindari makanan instan, dan junk food. Perbanyak mengonsumsi sayuran sangat baik untuk membantu penyembuhan kista adenoma. Sayuran merupakan makanan sehat yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga untuk membantu pengobatan penyakit secara alami.

0 Response to "Penjelasan dan Gejala Kista Adenoma"

Posting Komentar