Gejala Kista Coklat


Kista coklat atau kista endometrioma adalah kondisi dimana jaringan endometrium mulai tumbuh abnormal diluar rahim. Pertumbuhan abnormal ini biasanya di ovarium, pada saluran tuba falopi, dan area sekitar pinggul.

Penyebab pasti dari kista coklat masih belum diketahui, namun banyak para ahli yang menyatakan bahwa penyakit kista coklat ini diakibatkan dari proses peradangan atau inflamasi. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Kista coklat dapat mengiritasi jaringan disekitarnya dan dapat menyebabkan perlekatan (adhesi) akibat jaringan parut yang ditimbulkannya.

Normalnya tiap bulan ovarium wanita memproduksi hormon untuk membantu kesuburan (kehamilan) dan mempersiapkan endometrium yang siap untuk dibuahi. Tapi jika sudah matang tidak kunjung dibuahi maka hormon yang sudah terkumpul di endometrium tadi akan dibuang pada waktu menstruasi. Tapi berbeda dengan penderita kista coklat darah ini tidak memiliki saluran untuk membuangnya sehingga hormon dan darah terakumulasi dan menumpuk di endometrium yang akhirnya menyebabkan iritasi dan menimbulkan kista coklat.

Jika kista coklat ini pecah, kemungkinan akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat tinggi pada daerah panggul, sehingga harus segera mendapat pertolongan dokter

Gejala Kista coklat
  • Rasa nyeri ketika berhubungan atau sesudah berhubungan seksual.
  • Sakit ketika buang air besar. Sakit yang ditimbulkan bukan karena ukuran fases yang besar dan tekstur fases yang keras, melainkan karena tenaga yang dikeluarkan bagi endometrium untuk mengeluarkan fases, ketika bagian ini sakit maka akan menekan sel tumor, sehingga terjadi rasa sakit.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat, terutama pada siang dan sore hari.
  • Mengalami kram perut. biasanya pada penderita kista coklat kram ini lebih parah ketika menstruasi. 'sumilangeun' yang sangat sakit bisa menjadi tanda bahwa seorang wanita mengalami kista.

Semakin besar perkembangannya maka akan semakin berbeda gejala yang ditimbulkannya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon, tuna, makarel dan mengurangi makanan yang mengandung asam arakidonat yang tinggi (daging merah) bisa mencegah pertumbuhan kista. Serta mengkonsumsi sayuran dan mengkonsumsi vitamin B, dan mengurangi makanan olahan yang terbuat dari susu.

0 Response to "Gejala Kista Coklat"

Posting Komentar